Jangan Buru-buru Beli Emas!

01-08-2018


Gambar Blog

Tahukah Anda, Emas adalah sumber daya alam yang memiliki nilai sejak dahulu kala. Memiliki kekayaan dalam bentuk emas cenderung tidak beresiko yang berarti. Emas dapat dipegang dan disimpan atas kekuasaan diri sendiri. Sebagai aset safe haven, emas mampu mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu. Bahkan, cenderung mengalami kenaikan.

Naah … mengapa kita harus membeli emas, khususnya emas batangan? Simak alasan-alasan berikut sebelum Anda memutuskan untuk memilikinya.

1. Emas memiliki nilai yang melekat.

Proses penambangan emas fisik tidak seperti sumber daya yang lain. Pun membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu, wujud emas fisik seperti emas batangan memiliki nilai yang sangat melekat serta tidak bisa dihancurkan.

2. Emas bersifat langka

Karena emas sulit ditambang dan diekstrak, maka kepemilikannya pun relatif langka di seluruh dunia. Selain itu, pasokan baru emas fisik juga dibatasi. Maka tak heran jika kelangkaan tersebut mampu memperkuat nilai emas itu sendiri. Coba cek warga di sekitar Anda! Tentu prosentasenya sedikit yang sudah memiliki emas.

3. Emas mampu menahan inflasi

Emas sering disebut ‘Golden Constant’. Apa artinya?  Emas memiliki kemampuan untuk mempertahankan daya belinya dari waktu ke waktu. Hal tersebut membuktikan bahwa daya beli emas konstan dalam jangka waktu lama. Emas fisik seperti emas batangan juga mampu melindungi nilai terhadap inflasi dalam jangka panjang. Bayangkan beaya haji tahun 1997 dalam kacamata emas! Butuh 350 gram. Namun tahunj 2018 ini, untuk beaya haji hanya butuh 55 gram. Berbeda dengan kacamata uang. Beaya haji tahun 1997 adalah 7,5 juta, sementara tahun 2018 sudah hamper 5 kali lipat kenaikannya, yaitu 35 juta.

4. Emas relative mudah dibawa

Emas memiliki portabilitas tinggi alias mudah dibawa kapanpun dan di manapun. Maka tidak salah bila emas cukup ideal untuk dijadikan kekayaan dan tabungan. Bandingkan antara membawa uang 600jt dan emas 1 kg! Repot mana?

5. Emas bersifat universal

Emas dapat diterima secara universal di berbagai belahan dunia. Selain itu, kondisi pasar global juga selalu memberikan peluang bagi transaksi emas batangan. Artinya, Anda bisa menjual atau menukar emas batangan di manapun berada tanpa harus merasa kesulitan.

6. Emas bias menjadi diversifikasi portofolio

Jika Anda memiliki aset investasi lain seperti saham atau obligasi lalu menambahkan portofolio investasi emas, maka hal itu dapat mengurangi risiko portofolio investasi. Pada akhirnya, cara tersebut dapat meningkatkan pengembalian portofolio.

Lalu, mengapa harus memilih portofolio investasi emas?Karena harga emas berkorelasi negatif rendah dengan harga aset keuangan lainnya. Dibanding mayoritas aset lain, emas kurang bisa dipengaruhi oleh perputaran bisnis dan ekonomi.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus segera membeli emas batangan. Jadi, tunggu apalagi?